13 April 2017

Sate Klathak Makanan Khas Jogjakarta Yang Wajib Untuk Di Coba

YukGas - Resep Dan Tips Mengolah Sate Klathak Khas Jogjakarta. Hallo sahabat traveler ? Sering dong liburan ke Yogyakarta. Selain terkenal dengan kota wisata, Yogyakarta juga terkenal dengan masakan kulinernya. Salah satu kuliner yang dituju para wisatawan mancanegara maupun lokal adalah Sate Klathak. Terlintas memang hampir sama dengan ke banyakan sate pada umumnya. Tapi yang membuat unik dari sate ini adalah daging yang digunakanya. Sate klathak ini menggunakan daging kambing muda, jadi rasa lembut dari kambing muda ini lebih terasa renyah dan gurih.

Sate Klathak terlihat unik dan berbeda juga bukan hanya karena penggunaanya yang menggunakan daging kambing muda. Bumbu yang digunakan juga berbeda, jika pada umumnya bumbu yang digunakan menggunakan bumbu kacang dan bumbu kecap maka sate ini tidak menggunakan dua jenis bumbu manis tersebut. Melainkan menggunakan taburan garam dan merica. Memang terlalu minim dalam penggunaan bumbu, tujuannya adalah untuk menjaga kerenyahan dan rasa dagingnya itu sendiri.

Tapi ada yang unik lagi dalam pembuatan Sate Klathak Jogjakarta ini. Tusuk yang di gunakan tidak menggunakan bambu melainkan menggunakan jeruji sepeda. Tujuannya adalah untuk meratakan kematangan pada daging kambing, seperti yang kita ketahui besi mampu menghantarkan panas dengan baik.

Lokasi Sate Klathak yang paling terkenal berada di Jalan Imogiri Timur Km 10, Wonokromo , Banguntapan, Bantul. Di sini memang banyak terdapat penjual Sate Klathak, tapi yang paling terkenal dan paling populer adalah Sate Klathak Pak Pong.

Penasaran seperti apa bentuknya ? berikut foto yang dapat kita ulas :






Bagi temen-temen yang suka memasak mungkin bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut adalah resep dan bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan.

Bahan-bahan Untuk Membuat Sate Klathak Yang Lengkap :
Bahan Takaran
Daging Kambing Muda 500 gram
Bawang Merah 15 gram
Bawang Putih 50 gram
Jeruk Limo 1 butir
Garam Secukupnya

Bahan Untuk Olesan Sate :
Bahan Takaran
Mentega 250 gram
Bawang Putih (kemudian Anda panggang dan dihaluskan) 50 gram
Jahe 25 gram
Kecap Manis 150 ml

Cara membuat sate klathak khas jogja :
  1. Langkah pertama kita potong kecil-kecil daging kambingnya.
  2. Kemudian daging kambing kita masukkan kedalam wadah, lalu kita bumbui daging kambingnya dengan bumbu yang dihaluskan.
  3. Selanjutnya kita tambahkan air jeruk limau dan garam secukupnya, lalu diamkan didalam lemari pendingin selama beberapa saat sebelum ditusuk-tusuk dengan tusukan sate, usahakan tusukan satenya yang terbuat dari besi/stainless steel, bekas jari-jari roda.
  4. Setelah daging kita tusuk-tusuk kedalam tusukan sate kemudian kita bakar dagingnya diatas bara dengan sesekali diolesi dengan bahan pengoles hingga matang.

Bagaimana tertarik untuk mencicipi masakan kuliner khas jogjakarta ? atau tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri ? yang pasti menu kuliner ini sangat rekomendasi buat temen-temen yang sedang berlibur ke Jogjakarta. Oke sekian dulu ya pertemuan kita mengenai “Sate Klathak Makan Khas Jogjakarta Yang Wajib Untuk Di Coba”. Jika ada kritik saran atau mau request bisa lewat komentar dibawah. Dan jangan lupa follow Instagram resmi kita ya @yukgasmedia.

Disclamier : Gambar bersal dari para Traveler di Instagram, pemilik foto asli sudah saya sertakan ID-nya di dalam gambar tersebut.

Sate Klathak Makanan Khas Jogjakarta Yang Wajib Untuk Di Coba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: s
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar